Total Tayangan Halaman

Minggu, 24 April 2011

SILABUS MATA KULIAH ILMU PENDIDIKAN ISLAM

Ilmu Pendidikan Islam (IPI) merupakan salah satu mata kuliah wajib di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Berikut ini adalah silabus yang menjadi acuan pelaksanaan perkuliahan ini. 
SILABUS MATA KULIAH


Nama Mata Kuliah                  : Ilmu Pendidikan Islam
Fakultas/Jurusan                   : Tarbiyah/Semua Jurusan
Bobot                                       : 2 sks
Dosen Pengajar                       : Dr. Asril Dt. Paduko Sindo


  1. Manfaat Perkuliahan
Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dipersiapkan untuk menjadi tenaga kependidikan Islam yang profesional dalam berbagai bidangnya. Sebagai calon pakar dan praktisi pendidikan Islam, mereka perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan pendidikan sesuai dengan ajaran Islam.
Mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam adalah suatu disiplin pengetahuan yang membahas konsepsi Islam tentang berbagai komponen dan aspek pendidikan. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa didorong dan dibimbing untuk mengetahui ajaran Islam berkenaan dengan pendidikan. Oleh karena itu, setiap mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dituntut agar memahami mata kuliah ini agar dalam melaksanakan tugas-tugasnya di bidang pendidikan dapat dilaksanakan sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.

  1. Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam merupakan mata kuliah wajib yang mesti diikuti oleh semua mahasiswa Fakultas Tarbiyah. Mata kuliah ini membekali mahasiswa, sebagai calon pemikir dan pengelola pendidikan umat Islam, dengan pengetahuan tentang ajaran Islam yang berhubungan dengan berbagai komponen pendidikan.

  1. Tujuan Perkuliahan:
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami konsepsi Islam tentang berbagai komponen dan aspek pendidikan sehingga dengan pengetahuan tersebut mereka mampu menyoroti, menganalisis, dan memecahkan berbagai persoalan umat di bidang pendidikan.

  1. Strategi Perkuliahan
Untuk mencapai hasil yang lebih optimal, perkuliahan ini dilaksanakan dengan metode diskusi/seminar. Sebagai pengantar diskusi, mahasiswa menyusun makalah secara berkelompok sesuai topik yang sudah ditentukan. Sejalan dengan itu, setiap mahasiswa ditugaskan untuk membaca dan mempelajari terlebih dulu materi perkuliahan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan, untuk selanjutnya disampaikan dalam forum diskusi kelas.

  1. Buku Sumber:
Al-Quran al-Karim dan Kitab-kitab Tafsir yang relevan
Kitab-kitab Hadits
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam  
Abd al-Rahman Shalih Abdullah, Landasan dan Tujuan Pendidikan Menurut al-Quran serta Implementasinya,
H.M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam,
Hj. Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam,
Muhaimin dan Abd. Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam,
Muhammad Athiyah al-Abrasyi, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam,
Murtadha Muthahhari, Fitrah,
Omar Mohammad al-Toumy al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam,
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam,
Sajjad Husain dan Ali Asyraf, Krisis Pendidikan Islam,
Yasien Mohamed, Insan Yang Suci; Konsep Fithrah dalam Islam,
Zakiah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam,
dll.

D. Tugas :
1.    Secara individual, membaca dan menyimpulkan bahan bacaan yang terkait dengan pokok bahasan yang dibicarakan.
2.    Menyusun makalah secara berkelompok untuk bahan diskusi kelas pada setiap tatap muka yang sudah terjadwal.
3.    Berpartisipasi aktif sebagai peserta diskusi dalam setiap diskusi kelas.

E. Evaluasi:

No.
Aspek Yang Dinilai
Bobot
1.
Pelaksanaan Tugas2 Individual
10 %
2.
Partisipasi dalam diskusi kelas
20 %
3.
Ujian Tengah Semester
30 %
4.
Ujian Akhir Semester
40 %

Jumlah
100 %




F. Pertemuan, Pokok-pokok Bahasan, dan Buku Sumber:

No.
Tanggal
Pokok Bahasan & Sub Pokok Bahasan
Buku Sumber
I
30 –5– 2010
Pengertian, Ruang Lingkup Bahasan, dan Urgensi Ilmu Pendidikan Islam 
1.   Pengertian Ilmu Pendidikan Islam
2.   Ruang Lingkup Bahasan Ilmu Pendidikan Islam
3.  Urgensi Ilmu Pendidikan Islam Bagi Mahasiswa Fak. Tarbiyah

1.    Jurnal Didaktika, Fakultas Tarbiyah IAIN Jakarta  
2.    Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan,
3.    Muhaimin dan Abd. Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam
4.    Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam
5.    Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam,

II
6 –6– 2010
Konsepsi Islam tentang Fitrah Manusia
1.   Pengertian Fithrah 
2.   Hubungan Antara Fithrah Manusia dan Pendidikan
3.  Fithrah Manusia dalam Perspektif Ajaran Islam dan Implikasinya dalam Pendidikan

1.    Abd al-Rahman Shalih Abdullah, Landasan dan Tujuan Pendidikan Menurut al-Quran serta Implementasinya,  
2.    Murtadha Muthahhari, Fitrah,
3.    Yasien Mohamed, Insan Yang Suci; Konsep Fithrah dalam Islam
4.    Muhaimin dan Abd. Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam

III
13 –6– 2010
Tujuan Pendidikan dalam Perspektif Islam
1.   Pengertian dan Fungsi Tujuan Pendidikan 
2.   Tujuan Hidup Manusia dalam Perspektif Islam 
3.   Ciri-ciri Manusia Ideal dalam Perspektif  Islam 
4.   Rumusan Tujuan Akhir Pendidikan Menurut Islam

1.    Abd al-Rahman Shalih Abdullah, Landasan dan Tujuan Pendidikan Menurut al-Quran serta Implementasinya,  
2.    Omar Mohammad al-Toumy al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam
3.    Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam  
4.    Muhaimin dan Abd. Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam
IV
20 –6– 2010
Pengetahuan Sebagai Materi Pendidikan dalam Perspektif Islam
1.   Pengertian Materi Pendidikan
2.   Konsepsi Islam tentang Pengetahuan 
3.   Jenis dan Klasifikasi Pengetahuan Manusia Menurut Islam
4.   Pengetahuan Yang Harus Menjadi Materi Pendidikan dalam Islam

1.    Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan,
2.    Abd al-Rahman Shalih Abdullah, Landasan dan Tujuan Pendidikan Menurut al-Quran serta Implementasinya,  
3.    Omar Mohammad al-Toumy al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam
4.    Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam  
5.    Muhaimin dan Abd. Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam

V
27 –6– 2010
Keterampilan dan Nilai Sebagai Materi Pendidikan dalam Perspektif Islam 
1.   Pengertian Keterampilan dan Urgensinya
2.   Macam-macam Keterampilan Yang Dituntut Islam
3.   Pengertian Nilai dan Urgensinya
4.   Nilai-nilai Yang Dituntut Islam 

1.    Abd al-Rahman Shalih Abdullah, Landasan dan Tujuan Pendidikan Menurut al-Quran serta Implementasinya,  
2.    Omar Mohammad al-Toumy al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam
3.    Muhaimin dan Abd. Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam

VI
4 –7– 2010
Metode/Alat Pendidikan dalam Perspektif Islam
1.   Pengertian Metode/Alat Pendidikan
2.   Bentuk-bentuk Metode/Alat Pendidikan Yang Diajarkan Islam

1.    Abd al-Rahman Shalih Abdullah, Landasan dan Tujuan Pendidikan Menurut al-Quran serta Implementasinya,  
2.    Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam  
3.    Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan

VII
11 –7– 2010
Ujian Tengah Semester

VIII
18 –7– 2010
Penanggung Jawab Pendidikan Menurut Ajaran Islam
1.   Pengertian Penanggung Jawab Pendidikan
2.   Individu/Lembaga yang Bertanggung Jawab atas Pendidikan
3.   Peran dan Tanggung Jawab Orang Tua Sebagai Pendidik.

1.    Abd al-Rahman Shalih Abdullah, Landasan dan Tujuan Pendidikan Menurut al-Quran serta Implementasinya,  
2.    Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam  
3.    Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan,
4.    Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam,

IX
25 –7– 2010
Peran dan Tanggung Jawab Masyarakat dan Pemerintah dalam Pendidikan
1.   Peran dan Tanggung Jawab Masyarakat dalam Pendidikan Menurut Islam
2.   Peran dan Tanggung Jawab Pemerintah dalam Pendidikan menurut Islam

1.    Abd al-Rahman Shalih Abdullah, Landasan dan Tujuan Pendidikan Menurut al-Quran serta Implementasinya,  
2.    HM. Said, Ilmu Pendidikan,
3.     

X
1 –8- 2010
Kedudukan dan Peranan Guru dalam Pandangan Islam
1.   Pengertian dan Fungsi Guru dalam Pendidikan
2.   Kedudukan dan Fungsi Guru Menurut Ajaran Islam
3.   Kompetensi Guru Menurut Ajaran Islam

1.    Abd al-Rahman Shalih Abdullah, Landasan dan Tujuan Pendidikan Menurut al-Quran serta Implementasinya,  
2.    Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam  
3.    Moh. Athiyah al-Abrasyi, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam,
4.    Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam,

XI
8 –8- 2010
Lingkungan dan Lembaga Pendidikan dalam Pandangan Islam
1.   Pengertian Lingkungan dan Lembaga Pendidikan
2.   Berbagai Jenis Lingkungan dan Perannya Masing-masing
3.   Bentuk-bentuk Lembaga Pendidikan dalam Islam

1.    Moh. Athiyah al-Abrasyi, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam,  
2.    Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam  
3.    HM. Said, Ilmu Pendidikan,  
4.    Muhaimin dan Abd. Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam
5.    Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam,

XII
15 –8- 2010
Problema Pendidikan Umat Islam Kontemporer
(Bahasan ini merupakan hasil analisis terhadap kondisi pendidikan umat Islam berdasarkan teori-teori yang telah dibahas sebelumnya)

1.    Sajjad Husain dan Ali Asyraf, Krisis Pendidikan Islam
2.    Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam  
3.    H.M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam
4.    Hasan Langgulung, Peralihan Paradigma dalam Pendidikan Islam dan Sains Sosial,

XIII

Ujian Akhir Semester


Tidak ada komentar:

Posting Komentar