Total Tayangan Halaman

Senin, 18 April 2011

Pengantar Studi Islam


Mata Kuliah
:
METODOLOGI STUDI ISLAM
Kode
:

Bobot SKS
:
2 SKS
Jurusan
:
SEMUA JURUSAN
Program Studi
:
SEMUA PROGRAM STUDI
Semester
:
I
Mata Kuliah Prasyarat
:
-
Pengajar
:
Dr. ASRIL DT. PADUKO SINDO
Standar Kompetensi
:
Memahami Islam sebagai sebuah agama dari berbagai aspek dan sudut pandang secara utuh, integral, dan komprehensif sehingga mahasiswa memiliki akidah yang benar dan kokoh serta wawasan yang luas dan sikap yang luwes, yang memiliki kepribadian utama sebagai penggerak lahirnya amalan shalih dalam kehidupan individu dan sosialnya.  

Kompetensi Dasar
:
            Menguraikan argumentasi kebutuhan manusia akan agama
            Menjelaskan pengertian dan misi Islam  
            Menjelaskan esensi (ajaran paling dasar) dari Islam 
            Mengidentifikasi karakteristik ajaran Islam
            Menjelaskan al-Quran sebagai dasar yang menjadi rujukan Islam
            Menjelaskan al-Sunnah dan al-Hadis sebagai dasar dan sumber ajaran Islam
            Menjelaskan pengertian dan urgensi ijtihad dalam ajaran Islam
            Mengidentifikasi pola fuqaha dalam memahami Islam
            Mengidentifikasi pola mutakallim dalam memahami Islam
            Mengidentifikasi pola shufi dalam memahami Islam
            Mengidentifikasi pola filosof dalam memahami Islam  


Indikator
:
Setelah menyelesaikan seluruh materi perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan:
            Menjelaskan pengertan agama, baik secara etimologis maupun terinologis 
            Mengidentifikaasi fungsi agama bagi manusia
            Menolak teori yang mengatakan hanya kelompok manusia tertentu saja yang memerlukan agama
            Menguraikan kalsifikasi agama dari berbagai aspeknya
            Menolak teori yang mengatakan bahwa semua agama sama
            Mengidentifikasi perbedaan antara suatu agama dengan agama lainnya
            Membedakan konsepsi Islam dan agama lain tentang Tuhan
            Menguraikan pengertian Islam, baik secara etimologis maupun terinologis 
            Menunjukkan hubungan antara Misi Agama Islam dengan nama dan ajarannya
            Menjelaskan esensi ajaran Islam
            Menjelaskan implikasi tauhid dalam kehidupan sehari-hari
            Menyebutkan beberapa contoh cara hidup yang non-tauhid
            Menyebutkan dasar ajaran Islam serta dalil penetapannya
            Menyimpulkan ajaran pokok yang terkandung dalam al-Quran
            Membuktikan keotentikan al-Quran melalui penjelasan tentang proses pemeliharaannya 
            Membuktikan al-Quran sebagai mukjizat Nabi Muhammad yang berlaku sepanjang masa
            Menjelaskan pengertian mukjizat serta segi2 kemukjizatan al-Quran
            Mengidentifikasi beberapa metode dan corak penafsiran al-Quran
            Menjelaskan pengertian dan kedudukan al-Sunnah dan al-Hadis dalam ajaran Islam
            Mendeskripsikan fungsi al-Sunnah dan al-Hadis
            Mengidentifikasi beberapa cara pengelompokan al-Hadis
            Menguraikan sejarah kodifikasi al-Hadis
            Menjelaskan sikap umat Islam terhadap al-Sunnah dan al-Hadis
            Menjelaskan pengertian dan urgensi ijtihad bagi umat Islam
            Menguraikan metode-metode yang dipakai dalam berijtihad
            Menguraikan syarat2 dan macam2 ijtihad
            Menyikapi hasil ijtihad secara positif
            Menjelaskan pengertian fikih, ushul fikih, dan madzhab
            Mengidentifikasi latar belakang timbulnya madzhab2 fikih
            Memiliki sikap positif terhadap madzhab2 fikih yang ada
            Menjelaskan sejarah timbulnya aliran2 teologi dalam Islam
            Menjelaskan pengertian paham rasional dan paham tradisional dalam pemikiran teologi Islam
            Menjelaskan implikasi rasionalitas pemahaman Islam dalam bidang hukum dan teologi
            Menjelaskan sejarah timbulnya filsafat di kalangan umat Islam
            Menguraikan latar belakang sosial yang mendorong timbulnya pemikiran filosofis di kalangan umat Islam
            Menyebutkan persoalan2 yang dibahas dalam filsafat Islam
            Menganalisis berbagai kritik terhadap pemikiran filosofis dalam Islam
            Menjelaskan sejarah timbulnya tasawuf di kalangan umat Islam
            Mengidentifikasi dasar2 pengembangan tasawuf 
            Menjelaaskan pengertian dan bentuk2 tarikat tasawuf
            Menganalisis berbagai kritik terhadap tasawuf  

Deskripsi Mata Kuliah
:
Metodologi Studi Islam (MSI) merupakan mata kuliah wajib universitas dengan bobot 2 sks. Sasaran utama pekuliahan ini ialah pembentukan sikap dan kepribadian muslim yang baik, yang memiliki akidah yang benar dan kokoh serta melahirkan prilaku yang positif dalam kehidupan pribadi dan sosial. Dalam perkuliahan ini dibahas hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan manusia akan agama, dasar2 serta ajaran2 pokok Islam, dan berbagai pola pemahaman dan sikap yang berkembang di kalangan umat Islam sepanjang sejarah.

Materi Pokok Perkuliahan
:
            Pengertian, Ruang Lingkup Bahasan, Latar Belakang, dan Tujuan Metodologi Studi Islam
            Urgensi Agama bagi Manusia  
            Pengertian dan Misi Islam
            Tauhid sebagai Esensi Ajaran Islam dan Implikasinya dalam Kehidupan sehari-hari
            Karakteristik Ajaran Islam
            al-Quran Sebagai Sumber Ajaran Islam 
            Sunnah Nabi Sebagai Dasar Ajaran Islam
            Pengertian dan Urgensi Ijtihad dalam Islam
            Aspek Hukum dalam Ajaran Islam; Sejarah Perkembangan dan Problematikanya  
            Aspek Teologi dalam Ajaran Islam; Sejarah Perkembangan dan Problematikanya  
            Aspek Tasawuf dalam Ajaran Islam; Sejarah Perkembangan dan Problematikanya  
            Aspek Filsafat dalam Ajaran Islam; Sejarah Perkembangan dan Problematikanya  

Pendekatan Pembelajaran
:

Sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, yang lebih memprioritaskan pemahaman dan penghayatan, perkuliahan ini dilaksanakan terutama dengan metode diskusi dan tanya jawab yang bersifat dialogis dan argumentatif. Dalam hal ini, mahasiswa ditugasi untuk membaca dan mempelajari bahan2 bacaan tertentu yang relevan sebelum tatap muka dengan dosen di kelas. Pada tahap ini, setiap mahasiswa diharuskan membuat catatan2 penting tentang hasil bacaannya, termasuk membuat pertanyaan2 dan komentar2 yang relevan mengenai hal2 yang diperlukan, untuk kemudian diajukan dalam diskusi kelas pada saat tatap muka sesuai jadwal yang tersedia. Kelancaran perkuliahan ini sangat bergantung pada aktivitas dan kreatifitas mahasiswa dalam melaksanakan tugas2 yang diberikan.
Dalam hal tertentu, dosen memberikan penjelasan yang diperlukan mengenai masalah2 krusial yang timbul dalam diskusi sesuai dengan tujuan perkuliahan.
Dalam perkuliahan ini, mahasiswa didorong untuk memiliki pengetahuan, pemahaman, dan sikap tentang Islam berdasarkan rujukan dan argumentasi yang logis-rasional dan dapat dipertanggung jawabkan.  

Penilaian
:
Penilaian diperoleh dari aspek-aspek:
1. Partisipasi dalam diskusi kelas serta pelaksanaan tugas individual 30 %
2. Ujian Tengah Semester 30 %
3. Ujian Akhir Semester 40 %

Buku Sumber
:
            Abdullah, M. Amin, Studi Agama: Normativitas atau Historisitas, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, tahun 1996
            Ali, Maulana Muhammad Ali, Islamologi (Din al-Islam), Terj. Bahrum Rangkuti, Penerbit Ikhtiar Baru, Jakarta, 1980
            Anshari, H. Endang Saifuddin, Ilmu, Filsafat, dan Agama, PT. Bina Ilmu, Surabaya, Cet. Ke-5, tahun 1985
            A’zhami, Muhammad Musthafa al-, Dirasah fi al-Hadits al-Nabawiy wa Tarikh Tadwinih, al-Maktab al-Islami, Beirut, 1400 H/1980 M
            Basyir, KH. Ahmad Azhar, Refleksi atas Persoalan Keislaman; Seputar Filsafat, Hukum, Politik, dan Ekonomi, Penerbit Mizan, Bandung, 1993
            Bucaille, Dr. Maurice, Asal-usul Manusia Menurut Bibel, al-Quran, Sains, Terj. Rahmani Astuti, Penerbit Mizan, Bandung, tahun 1986/1406
            Buchori, Didin Saefuddin, Metodologi Studi Islam, Granada Sarana Pustaka, Bogor, cet. I, th. 2005
            Farmawy, Dr. Abd al-Hayy al-, Metode Tafsir Mawdhu’i; Suatu Pengantar, Terj. Suryan A. Jamrah, Rajawali Press, Jakarta, 1994
            Gazalba, Drs. Sidi, Ilmu, Filsafat, dan Islam tentang Manusia dan Agama, Penerbit Bulan Bintang, Jakarta, tahun 1978
            Khallaf, Abd al-Wahhab, ‘Ilm Ushul al-Fiqh, al-Majlis al-A’la al-Indonesi lid-Da’wah al-Islamiyyah, Jakarta, 1972
            Khathib, Muhammad ‘Ajjaj al-, al-Sunnah Qabla al-Tadwin, Dar al-Fikr, Beirut, 1391 H/1971 M
            Maududi, Abul A’la al-, Prinsip-prinsip Islam, Terj. Abdullah Suhaili, Penerbit PT. Al-Ma’arif, Bandung, tahun 1408 H/1988 M
            Muhaimin, dkk., Kawasan dan Wawasan Studi Islam, Prenada Media, Jakarta, cet. I, th. 2005
            Muthahhari, Murtadha, Perspektif al-Quran tentang Manusia dan Agama, Terj. Haidar Bagir, Penerbit Mizan, Bandung, tahun 1992
            Muzani, Syaiful, (ed.), Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran Prof. Dt. Harun Nasution, Penerbit Mizan, Bandung, tahun 1415/1995 
            Nasution, Prof. Dr. Harun, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jilid I & II, UI Press, Jakarta, tahun 1974
            -------, Teologi Islam; Aliran-aliran, Sejarah, Analisa Perbandingan, Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta, 1986
            Rachman, Budhy Munawat, (ed.), Kontekstualisasi Doktrin Islam dalam Sejarah, Diterbitkan oleh Yayasan Wakaf Paramadina, Jakarta, Cet. I, tahun 1994
            Rahman, Fazlur, Islam, Terj. Ahsin Muhammad, Penerbit Pustaka, Bandung, tahun 1984
            -------, Membuka Pintu Ijtihad, Terj. Anas Mahyuddin, Penerbit Pustaka, Bandung, 1984  
            -------, Tema Pokok al-Quran, Terj., Anas Mahyuddin, Penerbit Pustaka, Bandung, 1403 H/1983 M
            Rasyidi, H.M., Empat Kuliah Agama Islam pada Perguruan Tinggi, Penerbit Bulan Bintang, Jakarta, 1974
            Shalih, Shubhi al-Shalih, ‘Ulum al-Hadits wa Mushthalahuh, Dar al-‘Ilm Lil-Malayin, Beirut, tt.
            Shiddieqy, M. Hasbi ash-, Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadits, Penerbit Bulan Bintang, Jakarta, tahun 1977
            -------, Sejarah dan Pengantar Ilmu al-Quran/Tafsir, Penerbit Bulan Bintang, Jakarta, tahun 1980
            Shihab, Prof. Dr. H.M. Quraish, Membumikan al-Quran, Penerbit Mizan, Bandung, 1992
            -------, Mukjizat al-Quran; Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah, dan Pemberitaan Ghaib, Penerbit Mizan, Bandung, th. 1997
            Siba’i, Dr. Musthafa, al-, Sunnah dan Peranannya dalam Penetapan Hukum Islam; Sebuah Pembelaan Kaum Sunni, Terj. Dr. Nurcholish Madjid, Penerbit Pustaka Firdaus, Jakarta, Cet. Ke-2, tahun 1993
            Syaltut, Mahmud, al-Islam: ‘Aqidah wa Syari’ah, Dar al-Qalam, Mesir, tahun 1966
            Tatapangarsa, Drs. Humaidi, (ed.), Pendidikan Agama Islam untuk Mahasiswa, Penerbit IKIP, Malang, tahun 1991
            Thabathaba’I, Allamah M.H., Mengungkap Rahasia al-Quran, Terj. A. Malik Madany dan Hamim Ilyas, Penerbit Mizan, Bandung, tahun 1987 
            Zahrah, al-Imam Muhammad Abu, Tarikh al-Madzahib al-Islamiyyat, Dar al-Fikr al-‘Arabiy, tt. 
            dll.


Mengetahui,                                                                             Jakarta, ………………………….
Ketua Jurusan/Prodi                                                                 Dosen Pengampu Mata Kuliah





…………………………                                                           Dr. Asril Dt. Paduko Sindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar