: | METODOLOGI STUDI ISLAM | |
Kode | : | |
Bobot SKS | : | 2 SKS |
Jurusan | : | SEMUA JURUSAN |
Program Studi | : | SEMUA PROGRAM STUDI |
Semester | : | I |
Mata Kuliah Prasyarat | : | - |
Pengajar | : | Dr. ASRIL DT. PADUKO SINDO |
Standar Kompetensi | : | Memahami Islam sebagai sebuah agama dari berbagai aspek dan sudut pandang secara utuh, integral, dan komprehensif sehingga mahasiswa memiliki akidah yang benar dan kokoh serta wawasan yang luas dan sikap yang luwes, yang memiliki kepribadian utama sebagai penggerak lahirnya amalan shalih dalam kehidupan individu dan sosialnya. |
Kompetensi Dasar | : | Menguraikan argumentasi kebutuhan manusia akan agama Menjelaskan pengertian dan misi Islam Menjelaskan esensi (ajaran paling dasar) dari Islam Mengidentifikasi karakteristik ajaran Islam Menjelaskan al-Quran sebagai dasar yang menjadi rujukan Islam Menjelaskan al-Sunnah dan al-Hadis sebagai dasar dan sumber ajaran Islam Menjelaskan pengertian dan urgensi ijtihad dalam ajaran Islam Mengidentifikasi pola fuqaha dalam memahami Islam Mengidentifikasi pola mutakallim dalam memahami Islam Mengidentifikasi pola shufi dalam memahami Islam Mengidentifikasi pola filosof dalam memahami Islam |
Indikator | : | Setelah menyelesaikan seluruh materi perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan: Menjelaskan pengertan agama, baik secara etimologis maupun terinologis Mengidentifikaasi fungsi agama bagi manusia Menolak teori yang mengatakan hanya kelompok manusia tertentu saja yang memerlukan agama Menguraikan kalsifikasi agama dari berbagai aspeknya Menolak teori yang mengatakan bahwa semua agama sama Mengidentifikasi perbedaan antara suatu agama dengan agama lainnya Membedakan konsepsi Islam dan agama lain tentang Tuhan Menguraikan pengertian Islam, baik secara etimologis maupun terinologis Menunjukkan hubungan antara Misi Agama Islam dengan nama dan ajarannya Menjelaskan esensi ajaran Islam Menjelaskan implikasi tauhid dalam kehidupan sehari-hari Menyebutkan beberapa contoh cara hidup yang non-tauhid Menyebutkan dasar ajaran Islam serta dalil penetapannya Menyimpulkan ajaran pokok yang terkandung dalam al-Quran Membuktikan keotentikan al-Quran melalui penjelasan tentang proses pemeliharaannya Membuktikan al-Quran sebagai mukjizat Nabi Muhammad yang berlaku sepanjang masa Menjelaskan pengertian mukjizat serta segi2 kemukjizatan al-Quran Mengidentifikasi beberapa metode dan corak penafsiran al-Quran Menjelaskan pengertian dan kedudukan al-Sunnah dan al-Hadis dalam ajaran Islam Mendeskripsikan fungsi al-Sunnah dan al-Hadis Mengidentifikasi beberapa cara pengelompokan al-Hadis Menguraikan sejarah kodifikasi al-Hadis Menjelaskan sikap umat Islam terhadap al-Sunnah dan al-Hadis Menjelaskan pengertian dan urgensi ijtihad bagi umat Islam Menguraikan metode-metode yang dipakai dalam berijtihad Menguraikan syarat2 dan macam2 ijtihad Menyikapi hasil ijtihad secara positif Menjelaskan pengertian fikih, ushul fikih, dan madzhab Mengidentifikasi latar belakang timbulnya madzhab2 fikih Memiliki sikap positif terhadap madzhab2 fikih yang ada Menjelaskan sejarah timbulnya aliran2 teologi dalam Islam Menjelaskan pengertian paham rasional dan paham tradisional dalam pemikiran teologi Islam Menjelaskan implikasi rasionalitas pemahaman Islam dalam bidang hukum dan teologi Menjelaskan sejarah timbulnya filsafat di kalangan umat Islam Menguraikan latar belakang sosial yang mendorong timbulnya pemikiran filosofis di kalangan umat Islam Menyebutkan persoalan2 yang dibahas dalam filsafat Islam Menganalisis berbagai kritik terhadap pemikiran filosofis dalam Islam Menjelaskan sejarah timbulnya tasawuf di kalangan umat Islam Mengidentifikasi dasar2 pengembangan tasawuf Menjelaaskan pengertian dan bentuk2 tarikat tasawuf Menganalisis berbagai kritik terhadap tasawuf |
Deskripsi Mata Kuliah | : | Metodologi Studi Islam (MSI) merupakan mata kuliah wajib universitas dengan bobot 2 sks. Sasaran utama pekuliahan ini ialah pembentukan sikap dan kepribadian muslim yang baik, yang memiliki akidah yang benar dan kokoh serta melahirkan prilaku yang positif dalam kehidupan pribadi dan sosial. Dalam perkuliahan ini dibahas hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan manusia akan agama, dasar2 serta ajaran2 pokok Islam, dan berbagai pola pemahaman dan sikap yang berkembang di kalangan umat Islam sepanjang sejarah. |
Materi Pokok Perkuliahan | : | Pengertian, Ruang Lingkup Bahasan, Latar Belakang, dan Tujuan Metodologi Studi Islam Urgensi Agama bagi Manusia Pengertian dan Misi Islam Tauhid sebagai Esensi Ajaran Islam dan Implikasinya dalam Kehidupan sehari-hari Karakteristik Ajaran Islam al-Quran Sebagai Sumber Ajaran Islam Sunnah Nabi Sebagai Dasar Ajaran Islam Pengertian dan Urgensi Ijtihad dalam Islam Aspek Hukum dalam Ajaran Islam; Sejarah Perkembangan dan Problematikanya Aspek Teologi dalam Ajaran Islam; Sejarah Perkembangan dan Problematikanya Aspek Tasawuf dalam Ajaran Islam; Sejarah Perkembangan dan Problematikanya Aspek Filsafat dalam Ajaran Islam; Sejarah Perkembangan dan Problematikanya |
Pendekatan Pembelajaran | : | Sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, yang lebih memprioritaskan pemahaman dan penghayatan, perkuliahan ini dilaksanakan terutama dengan metode diskusi dan tanya jawab yang bersifat dialogis dan argumentatif. Dalam hal ini, mahasiswa ditugasi untuk membaca dan mempelajari bahan2 bacaan tertentu yang relevan sebelum tatap muka dengan dosen di kelas. Pada tahap ini, setiap mahasiswa diharuskan membuat catatan2 penting tentang hasil bacaannya, termasuk membuat pertanyaan2 dan komentar2 yang relevan mengenai hal2 yang diperlukan, untuk kemudian diajukan dalam diskusi kelas pada saat tatap muka sesuai jadwal yang tersedia. Kelancaran perkuliahan ini sangat bergantung pada aktivitas dan kreatifitas mahasiswa dalam melaksanakan tugas2 yang diberikan. Dalam hal tertentu, dosen memberikan penjelasan yang diperlukan mengenai masalah2 krusial yang timbul dalam diskusi sesuai dengan tujuan perkuliahan. Dalam perkuliahan ini, mahasiswa didorong untuk memiliki pengetahuan, pemahaman, dan sikap tentang Islam berdasarkan rujukan dan argumentasi yang logis-rasional dan dapat dipertanggung jawabkan. |
Penilaian | : | Penilaian diperoleh dari aspek-aspek: 1. Partisipasi dalam diskusi kelas serta pelaksanaan tugas individual 30 % 2. Ujian Tengah Semester 30 % 3. Ujian Akhir Semester 40 % |
Buku Sumber | : | Abdullah, M. Amin, Studi Agama: Normativitas atau Historisitas, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, tahun 1996 Ali, Maulana Muhammad Ali, Islamologi (Din al-Islam), Terj. Bahrum Rangkuti, Penerbit Ikhtiar Baru, Jakarta, 1980 Anshari, H. Endang Saifuddin, Ilmu, Filsafat, dan Agama, PT. Bina Ilmu, Surabaya, Cet. Ke-5, tahun 1985 A’zhami, Muhammad Musthafa al-, Dirasah fi al-Hadits al-Nabawiy wa Tarikh Tadwinih, al-Maktab al-Islami, Beirut, 1400 H/1980 M Basyir, KH. Ahmad Azhar, Refleksi atas Persoalan Keislaman; Seputar Filsafat, Hukum, Politik, dan Ekonomi, Penerbit Mizan, Bandung, 1993 Bucaille, Dr. Maurice, Asal-usul Manusia Menurut Bibel, al-Quran, Sains, Terj. Rahmani Astuti, Penerbit Mizan, Bandung, tahun 1986/1406 Buchori, Didin Saefuddin, Metodologi Studi Islam, Granada Sarana Pustaka, Bogor, cet. I, th. 2005 Farmawy, Dr. Abd al-Hayy al-, Metode Tafsir Mawdhu’i; Suatu Pengantar, Terj. Suryan A. Jamrah, Rajawali Press, Jakarta, 1994 Gazalba, Drs. Sidi, Ilmu, Filsafat, dan Islam tentang Manusia dan Agama, Penerbit Bulan Bintang, Jakarta, tahun 1978 Khallaf, Abd al-Wahhab, ‘Ilm Ushul al-Fiqh, al-Majlis al-A’la al-Indonesi lid-Da’wah al-Islamiyyah, Jakarta, 1972 Khathib, Muhammad ‘Ajjaj al-, al-Sunnah Qabla al-Tadwin, Dar al-Fikr, Beirut, 1391 H/1971 M Maududi, Abul A’la al-, Prinsip-prinsip Islam, Terj. Abdullah Suhaili, Penerbit PT. Al-Ma’arif, Bandung, tahun 1408 H/1988 M Muhaimin, dkk., Kawasan dan Wawasan Studi Islam, Prenada Media, Jakarta, cet. I, th. 2005 Muthahhari, Murtadha, Perspektif al-Quran tentang Manusia dan Agama, Terj. Haidar Bagir, Penerbit Mizan, Bandung, tahun 1992 Muzani, Syaiful, (ed.), Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran Prof. Dt. Harun Nasution, Penerbit Mizan, Bandung, tahun 1415/1995 Nasution, Prof. Dr. Harun, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jilid I & II, UI Press, Jakarta, tahun 1974 -------, Teologi Islam; Aliran-aliran, Sejarah, Analisa Perbandingan, Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta, 1986 Rachman, Budhy Munawat, (ed.), Kontekstualisasi Doktrin Islam dalam Sejarah, Diterbitkan oleh Yayasan Wakaf Paramadina, Jakarta, Cet. I, tahun 1994 Rahman, Fazlur, Islam, Terj. Ahsin Muhammad, Penerbit Pustaka, Bandung, tahun 1984 -------, Membuka Pintu Ijtihad, Terj. Anas Mahyuddin, Penerbit Pustaka, Bandung, 1984 -------, Tema Pokok al-Quran, Terj., Anas Mahyuddin, Penerbit Pustaka, Bandung, 1403 H/1983 M Rasyidi, H.M., Empat Kuliah Agama Islam pada Perguruan Tinggi, Penerbit Bulan Bintang, Jakarta, 1974 Shalih, Shubhi al-Shalih, ‘Ulum al-Hadits wa Mushthalahuh, Dar al-‘Ilm Lil-Malayin, Beirut, tt. Shiddieqy, M. Hasbi ash-, Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadits, Penerbit Bulan Bintang, Jakarta, tahun 1977 -------, Sejarah dan Pengantar Ilmu al-Quran/Tafsir, Penerbit Bulan Bintang, Jakarta, tahun 1980 Shihab, Prof. Dr. H.M. Quraish, Membumikan al-Quran, Penerbit Mizan, Bandung, 1992 -------, Mukjizat al-Quran; Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah, dan Pemberitaan Ghaib, Penerbit Mizan, Bandung, th. 1997 Siba’i, Dr. Musthafa, al-, Sunnah dan Peranannya dalam Penetapan Hukum Islam; Sebuah Pembelaan Kaum Sunni, Terj. Dr. Nurcholish Madjid, Penerbit Pustaka Firdaus, Jakarta, Cet. Ke-2, tahun 1993 Syaltut, Mahmud, al-Islam: ‘Aqidah wa Syari’ah, Dar al-Qalam, Mesir, tahun 1966 Tatapangarsa, Drs. Humaidi, (ed.), Pendidikan Agama Islam untuk Mahasiswa, Penerbit IKIP, Malang, tahun 1991 Thabathaba’I, Allamah M.H., Mengungkap Rahasia al-Quran, Terj. A. Malik Madany dan Hamim Ilyas, Penerbit Mizan, Bandung, tahun 1987 Zahrah, al-Imam Muhammad Abu, Tarikh al-Madzahib al-Islamiyyat, Dar al-Fikr al-‘Arabiy, tt. dll. |
Mengetahui, Jakarta, ………………………….
Ketua Jurusan/Prodi Dosen Pengampu Mata Kuliah
………………………… Dr. Asril Dt. Paduko Sindo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar